Thursday, July 18, 2013

Mengubah template pada blogger

     Tampilan visual dari sebuah blog tidak dapat diabaikan begitu saja. Bahkan banyak pemilik blog sebenarnya lebih lama dan perlu pemikiran ekstra dalam pemilihan atau tampilan template untuk blog. Pada Blogger atau platform Blogspot terutama, meskipun memiliki template standar yang disediakan cukup untuk kebutuhan blogging, yang masih perlu mempertimbangkan beberapa aspek. Karena tampilan visual adalah yang pertama dilihat oleh pengunjung dan menentukan apakah atau tidak blog yang bagus layar. Diperdebatkan penampilan Template, tata letak dan visual blog adalah representasi dari isi dan pemilik blog.
Pada platform Blogger blog, template blog biasanya dipilih dari awal untuk mendaftar atau membuat blog. Tapi masa depan masih bisa mengubah tampilan juga. Untuk mengubah tampilan Anda Blogger blog template atau mengubah nya adalah:

1. Login ke dashboard blog anda.
2. Masuk ke menu “Template”.
3. Pilih salah satu template yang disediakan.
4. Klik “Sesuaikan” jika ingin mengatur template standar lebih lanjut dengan interface yang mudah.

Default template dari Blogger dibilang kurang menarik bagi pengguna atau pemilik blog. Berbagai alasan mungkin terjadi, terutama karena variannya yang sedikit sehingga jika harus digunakan oleh banyak blogger, tentu saja, akan banyak blog yang memiliki yang sama persis. Dan blog blogger tentu tidak ingin melihat blog lain.

Bagi pemula yang ingin menggunakan tampilan selain Blogger default template, tetapi tidak tahu HTML, dapat menggunakan fitur template ekspor biasanya ekstensi xml. Blogger blog file template dapat diperoleh di mana-mana, banyak referensi web yang menyediakan template Blogger. Nah, untuk mengubah tampilan blog Blogger Anda dengan menggunakan " Edit HTML " dan meng-upload file template, berikut adalah langkah-langkah mudah :

Pertama, sobat cari dan download dulu templatenya, sobat bisa mencari templatenya di situs-situs penyedia template blogspot gratis, seperti: zoomtemplate.com, btemplates.com, dll.
Biasanya template-template yang di download berformat .rar/.zip, di ekstrack dulu.


Cara memasang template di blogspot:
1. Login ke dashboard blog anda.
2. Masuk ke menu “Template”.
3. Bagi yang mengerti dan ingin langsung menyusun dengan mempergunakan HTML klik “Edit HTML”
4. Bagi yang ingin mengupload file template, klik “Cadangkan/Pulihkan”.
5. Klik “Telusuri” pada pilihan “Unggah template dari file di hard drive anda”.
6. Cari dan pilih file xml template dan klik “Open”.

7. Terakhir klik “Unggah”.  Tunggu sampai proses uploadnya selesai..

Selesai proses-proses anda di atas sekarang anda bisa lihat tampilan baru di blog anda