Sunday, January 13, 2013

Pengetahuan tentang blog/bloging

Terimakasih telah berkunjung
Saya akan memberikan sedikit kata-kata tentang bloging.Istilah blog sendiri berasal dari “web log” yang artinya buku catatan online. Ya benar Sebuah blog adalah buku harian pribadi. Mimbar Anda setiap hari. Outlet berita terkini. Koleksi link. Pikiran pribadi Anda sendiri. Catatan untuk dunia. seperti buku harian! karena pada awalnya, banyak yang menggunakan blog untuk menuangkan pengalaman pribadinya.Blogging lebih dari sekadar mencurahkan pikiran di web. Blogging adalah tentang tersambung dengan dan mendengar dari setiap orang yang membaca karya Anda

Blog ada beberapa macam, yaitu Personal Blog dan Corporate Blog.
1. Personal Blog
Personal blog adalah blog yang dibuat oleh personal. Umumnya blog yang ada di internet adalah personal blog.
2. Corporate Blog
Blog yang dibuat untuk keperluan perusahaan. Corporate blog biasanya digunakan untuk 2 keperluan, yaitu untuk keperluan internal seperti untuk keperluan komunikasi atau budaya perusahaan; dan untuk keperluan eksternal seperti marketing, branding, public relation.

Sebuah blog memberikan Anda suara Anda sendiri di web. Blog adalah sebuah tempat untuk mengumpulkan dan berbagi hal-hal yang Anda anggap menarik, sebuah diary pribadi,
Banyak orang menggunakan blog hanya untuk mengorganisasikan pikiran mereka, sementara yang lain membuat blog yang membuat banyak pengaruh dengan ribuan pemirsa di seluruh dunia. Jurnalis dan amatir menggunakan blog untuk menerbitkan berita terkini, sementara jurnalis personal membeberkan pemikiran terdalam mereka.

Di mana cara membangun sebuah blog
1. Apakah Anda suka menulis ?
Membangun blog berarti Anda harus rajin menulis article. Jika Anda termasuk yang suka menulis, blog sangat cocok untuk Anda

2.Menjadi blogger, berarti Anda harus rajin menulis artikel. Apalagi jika Anda ingin blog Anda dikenal masyarakat, Anda harus rajin mengupdate blog Anda. Jika Anda tidak rajin, orang akan bosan dengan blog Anda.
Artinya Anda harus rajin belajar untuk mengupdate pengetahuan Anda dan untuk men-share hal tersebut ke masyarakat.

3.Jika Anda ingin membangun blog yang sukses, Anda perlu bekerja keras untuk mengiklankan blog Anda. Tidak ada istilah blog akan sukses tanpa bersusah-payah. Untuk membangun blog yang sukses diperlukan waktu, bukan pekerjaan semalam
   
4.Mempunyai blog, akan membentuk suatu komunitas dunia maya, dimana orang memberikan komentar,pendapat terhadap blog Anda, tanpa Anda ketahui fisik orang tersebut. Jika Anda enjoy terhadap situasi ini, maka Anda akan tidak akan menemui kesulitan dalam dunia blog.

5.Banyak Komentar,Suatu tulisan bisa dikatakan sukses jika banyak komentar yang menanggapi tulisan tersebut. Biasanya komentar-komentar ini akan membangun suatu komuniti.
Apakah jika tidak ada komentar, maka tulisan itu dikatakan tidak sukses ? Tidak juga. Ada beberapa tulisan yang informatif yang tidak memerlukan banyak komentar untuk mengindikasikan bahwa tulisan itu sukses. Kita bisa melihatnya secara ‘back door’ melalui banyaknya unique visitor. Unique visitor adalah pengunjung unik yang datang ke blog kita. Biasanya ada software tertentu yang memberikan informasi mengenai statistik unique visotor blog kita.

Kita tidak perlu menjadi bagian dari insan media untuk memberitakan hal yang menarik. Cukup membuat blog! Pun kita bisa menyajikan berita-berita yang menarik yang disukai banyak orang.
Cara tercepat untuk memahami blogging adalah dengan mencobanya. Apa akan terjadi kemudian ? Siapa yang tahu. Mungkin saja akan menyenangkan?